9 Cara Untuk Menjaga Ketajaman Otak.



Media Post Indonesia - Seiring bertambahnya usia, maka fungsi otak manusia juga akan menurun sedikit demi sedikit, atau terkadang sering lupa di mana Anda meletakkan kunci dan dompet ? sering lupa nama tetangga di sekitar rumah Anda? Itu adalah tanda Anda mengalami gangguan memori.



Jika dibiarkan, tentunya Anda berpotensi besar untuk mengalami demensia atau pikun. Oleh karena itu, sangat penting untuk tetap melatih dan menjaga ketajaman otak, agar ingatan Anda tetap tajam meskipun memasuki usia senja.



Untungnya, ada cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mencegah atau memerlambat datangnya kepikunan. Lakukanlah sepuluh hal ini demi menjaga kecerdasan Anda bertahan lebih lama.



1. Menjaga kualitas tidur.


Saat kualitas tidur seseorang terganggu, maka otak pun tidak dapat beristirahat dengan baik. Padahal, ketika tidur sel-sel otak akan aktif bekerja membuang racun yang berpotensi memperlambat kerja otak. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk selalu mendapatkan tidur yang cukup dan juga berkualitas.

2. Belajar bahasa.

Sebuah studi yang dilakukan peneliti Swedia menunjukkan, belajar sebuah bahasa baru setelah dewasa bisa mengembangkan hippocampus dan cerebral cortex, bagian otak yang dikaitkan dengan pikiran, ingatan, dan aksi. Jadi, cobalah untuk belajar bahasa asing.



3. Tetap aktif secara mental.

Sama seperti aktivitas fisik yang membantu menjaga tubuh tetap sehat, begitupun aktivitas mental menjaga otak Anda menjaga tajam dan menjauhkan Anda dari ancaman gangguan memori.



4. Makan makanan yang sehat.
Pola makan sehat sangat berguna selain untuk jantung, juga untuk otak Anda. Konsumsi buah-buahan, sayuran dan biji-bijian.



5. Hindari multitasking.

Multitasking tidak selalu berdampak baik bagi kesehatan. Faktanya membagi perhatian pada banyak hal membuat otak tak fokus. Sebaliknya, fokus melakukan satu hal dalam satu waktu malah lebih efektif.



6. Bersosialisasi.

Interaksi sosial membantu menangkal depresi dan stres, yang keduanya dapat membuat Anda kehilangan memori.



7. Mengelola kondisi kronis.

Ikuti rekomendasi perawatan dokter Anda untuk kondisi kronis, seperti depresi, tekanan darah dan Kolesterol tinggi, diabetes, dan ginjal atau masalah tiroid. Semakin baik Anda mengurus diri sendiri, semakin baik kondisi memori Anda.



8. Buat Kerajinan Tangan.

Untuk jaga ketajaman otak kanan Anda berlatihlah bernyanyi atau membuat kerajinan tangan, jadi melindungi ketajaman ingatan yaitu salah satunya dengan cara yang Anda perlukan. Sebenarnya banyak aktivitas bisa Anda dapat lakukan untuk melatih dan jaga kecerdasan otak Anda, akan tetapi apakah latihan yang Anda kerjakan ini sudah efektif untuk Anda lakukan.



9. Berlatih yoga.

Selain baik untuk kesehatan tubuh, studi juga menunjukkan yoga juga bermanfaat dalam meningkatkan ingatan. Sebuah studi tahun 2014 mengungkap yoga yang dimasukkan dalam kombinasi terapi mampu mengembalikan ingatan pada pasien Alzheimer.



Sumber: http://kabarmakassar.com/

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to " 9 Cara Untuk Menjaga Ketajaman Otak. "

  1. Awalnya aku hanya mencoba main togel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku buka internet mencari aki yang bisa membantu orang akhirnya di situ lah ak bisa meliat nmor nya AKI NAWE terus aku berpikir aku harus hubungi AKI NAWE meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasip sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang aki.ternyata alhamdulillah AKI NAWE bisa membantu saya juga dan aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan AKI NAWE dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,kita yang penting kita tdk boleh putus hasa dan harus berusaha insya allah kita pasti meliat hasil nya sendiri. siapa tau anda berminat silakan hubungi AKI NAWE Di Nmr 085--->"218--->"379--->''259

    ReplyDelete